Tercemar Sampah, Kali Irigasi Kranji Menghitam dan Berbau





Bekasi
Kali Irigasi Kranji, Bekasi berwarna hitam karena tercemar sampah. Selain berwarna, kali tersebut juga menimbulkan bau yang menyengat.

Pantauan detikcom, Minggu (12/8/2018), kali yang berada di Jalan Beringin Raya, Bekasi Barat, Kota Bekasi tampak berwarna hitam dan kotor. Selain kotor, kali irigasi ini juga menimbulkan bau tak sedap.

Sampah sudah tidak memenuhi kali. Meski begitu, sebagian kecil sampah masih tampak di pinggir kali.

“(Sampah) dari pasar, Pasar Kranji. Iya segala macam (sampah) dari pedagang,” kata seorang warga, Yahya (54).

Kali Kranji menghitam gara-gara sampah.Kali Kranji menghitam gara-gara sampah. Foto: Isal Mawardi/detikcom

Kondisi ini dikeluhkan oleh warga sekitar. Terutama, pada saat musim kemarau tiba, kali semakin dangkal, sehingga aroma bau tidak sedap menyeruak dari kali tersebut.

“Saya cium juga baunya, tergantung angin. Kalau hujan, justru enak. (Kali) bersih, nyamuk nggak ada. Kalau musim begini (kemarau) emang airnya hitam. (Musim) kemarau sih pasti gini (bau),” ujar Yahya.

Menurut Yahya, sebelumnya kali tersebut dipenuhi sampah. Namun beberapa hari terakhir, petugas telah membersihkan sampah dari kalo sehingga sampah berkurang.

Kepala Dinas Lingkungaan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan, sampah-sampah yang sebelumnya menutupi Kali Kranji sudah diangkut oleh petugas.

“Sudah diangkut sejak beberapa hari yang lalu. sedikit (demi) sedikit. kerja sama Dinas PU (Kota Bekasi) dan Dinas LH (Kota Bekasi),” ujar Luthfi saat dihubungi secara terpisah.

Luthfi mengatakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sudah memberikan sosialisasi dan himbauan kepada warga sekitar agar tidak membuang sampah ke kali.

“Kita sosialisasi terus melalui keluarahan, kecamatan, RT, RW, melalui komponen dan kelompok-kelompok masyarakat. Itu kan perubahan karakter ya, ga segampang membalikan telapak tangan,” ujar Luthfi.

(mei/bag)



<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Related Search

Tags: #berita #detik #gress #hukum #nasional #politik

Anda sedang membaca artikel tentang Tercemar Sampah, Kali Irigasi Kranji Menghitam dan Berbau. Silahkan baca artikel Berita Grezz Terbaru tentang nasional lainnya. Semoga bermanfaat ...

KPAI minta perkosaan korban bencana diusut tuntas
Jakarta (ANTARA News) – Ketua Komisi Perlindungan
KIPP tolak dana saksi parpol gunakan APBN
Jakarta (ANTARA News) – Sekretaris Jenderal Komite
Polisi temukan proyektil di ruang Effendy Simbolon
Pewarta: Taufik RidwanEditor: Unggul Tri Ratomo COPYRIGHT
Mendes minta dana desa untuk bencana
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Desa, Pembangunan

Top