Hoaks, Foto Pelatihan Anggota Organisasi Terlarang

Jakarta (ANTARA/Jacx) – Belum lama sebuah akun di media sosial memposting sejumlah foto yang menggambarkan sekelompok orang tengah berlatih baris-berbaris dan membawa senjata dengan lambang organisasi terlarang. Akun itu menuliskan narasi yang menyatakan bangkitnya PKI dan semua pihak kalangan harus bersiap-siap.

Klaim   :  Kebangkitan PKI sudah nyata dan harus bersiap-siap menghadapinya
Rating  :  Salah/Disinformasi

Penjelasan :
Penelusuran dari tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan bahwa foto-foto yang diunggah oleh sebuah akun media sosial tersebut diambil dari sebuah blog selama ini ditengarai kerap menyebarkan informasi hoaks dan telah dihapus saat ditelusuri oleh ANTARA. 

Foto-foto yang diunggah tersebut dapat dilihat melalui situs Getty Image dan merupakan kegiatan anggota Tentara Rakyat Baru (NPA). NPA merupakan sayap bersenjata Partai Komunis Filipina (CPP).
Foto tersebut diambil pada 2 April 2017 di sebuah kamp milik NPA di Filipina.

Cek Fakta :  Gettyimages
 

Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks dari Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika

 

 

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/787128/hoaks-foto-pelatihan-anggota-organisasi-terlarang

Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>