Tren automasi, artificial intelligence, big data dan pemanfaatannya di JD.com

Jakarta (ANTARA News) – Saat ini tren automasi, penggunaan  artificial intelligence, dan analisa big data untuk menunjang kinerja sedang berkembang dengan gencarnya. Utamanya di industri ritel.

JD.com adalah salah satu perusahaan ritel yang memanfaatkan teknologi automasi di berbagai lini bisnisnya mulai dari logistik hingga toko-toko offline-nya.

gudang canggih

Sistem logistik yang efektif dan efisien dinilai menjadi faktor penting bagi JD.com untuk menjadi sebuah perusahaan e-commerce yang besar.

JD.com sebagai salah satu e-commerce global asal China kini memiliki 500 gudang atau warehouse yang sebagian di antaranya sudah mengaplikasikan teknologi automasi menggunakan robot sementara satu gudang di Shanghai sudah sepenuhnya ditangani robot.

salah satu gudang yang menerapkan automasi adalah gudang sorting center di Beijing. Berukuran 4.000 meter persegi, gudang memanfaatkan robot untuk menyortir barang-barang pesanan dari gudang di tujuh wilayah China untuk dikirim ke sejumlah daerah pemesan.
 

Gudang tersebut terdiri atas dua area pemilahan, area penyortiran barang secara manual yang ditangani pekerja manusia yang menangani paket-paket ukuran besar, dan area penyortiran barang secara otomatis dengan bantuan robot yang menyeleksi paket-paket kecil dan memasukkannya dalam karung-karung sesuai dengan daerah tujuan.

Supervisor Warehouse Processing Center JD Logistics di Beijing, Liu Bo menjelaskan gudang itu mampu menyortir 17.000 paket setiap jamnya yang akan dikirimkan ke hampir 449 kota tujuan di wilayah utama China.

Untuk mengerjakannya, setiap hari ada 800-an karyawan yang melakukan penyortiran hingga membawanya ke kendaraan pengirim barang. Mereka bekerja di dua shift jam kerja.

“Cara kerja robot penyortir ini dengan membaca sensor di kode bar yang tertera kota tujuan paket, begitu mesin membaca kode kota tujuan maka akan ditentukan paket masuk karung yang mana,” kata Liu Bo di beijing, China, Senin (12/11).

Dia mengklaim: “Tingkat akurasinya hampir 100 persen.”

Untuk kode bar yang tidak terbaca sensor atau rusak akibat hal-hal teknis, paket akan masuk ke keranjang khusus yang kemudian diperbaiki kerusakannya dan masuk kembali ke mesin sortir tersebut.
 
Liu Bo menyebutkan selama periode festival belanja online Single Day JD.com dari 1-11 November 2018, volume barang yang harus disortir meningkat dua kali lipat dari hari biasa, sehingga jam kerja secara fleksibel dibagi menjadi tiga shift dengan durasi 8 jam setiap shift.

Selain pemanfaatan Artificial Intelligent berupa robot penyortir barang, yang menarik di JD Logistics adalah kendaraan operasional-nya yang hampir semua menggunakan tenaga listrik, terdiri atas 300 truk dan mobil pikap.

Di halaman JD Logistics yang luas ada sejumlah mesin pengisian baterai mobil listrik sehingga memudahkan pengisian sendiri oleh pengemudinya.

fitur AR/VR di JD.com styling station

JD.com menggunakan AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) dalam salah satu fitur make up-nya yang disebut “styling station”. Itu disebut memudahkan pelanggan untuk mencoba kosmetik di wajahnya tanpa perlu repot-repot pakai make up yang sesungguhnya sehingga mereka bisa melihat efek make up itu di wajah mereka sebelum membeli.

Seorang calon pembeli mencoba make up di perangkag AR/VR di offline store JD.com (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

Selain untuk make-up, AR/VR juga dipakai JD.com untuk menjual baju dan bawahan di lini fashion mereka.

Hanya dengan berdiri di depan layar dan menggerak-gerakan tangan maka calon pembeli bisa menjajal gaya yang berbeda-beda.

Fitur menjajal make up juga tersedia di aplikasi JD.com sehingga setelah tahu make up yang pas, calon pembeli bisa membagi foto dirinya menggunakan make up yang diinginkannya kepada teman-temannya.

Hal itu diyakini sangat efektif mendatangkan trafik pelanggan dan meningkatkan penjualan, meski tak disebut berapa angkanya.

Seorang calon membeli mencoba pakaian di perangkat AR/VR di offline store JD.com (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

pemanfaatan Big Data

JD.com juga memanfaatkan analisa Big data untuk menarget konsumen dan mempercepat pengiriman barang.

Contohnya, analisa Big Data digunakan JD.com untuk memprediksi keinginan calon konsumen.

“Kita pakai analisa Big Data untuk prediksi ada di daerah mana dan dari kelompok apa. Itu terjadi saat launching dan pembeli pertama iPhone 7. Kita sudah sediakan iPhone di daerah tertentu jadi pembeli bisa menerima pesanan dalam waktu 15 menit setelah transaksi. Kita sudah pasok iPhone ke daerah yang diprediksi akan ada transaksi, jadi barang bisa dikirim dengan sangat cepat,” kata Director of International Media Communication Vic Gu.

efisiensi

Corporate VP JD.com, Gloria Li menjelaskan automasi menjadi hal yang penting bagi JD.com untuk bisa menciptakan bisnis yang scalable. Sejak 2016, JD.com fokus investasi di automasi.

“Ke depannya, yang akan lebih banyak kami gali adalah automasi dengan big data, AI, IoT, dan cloud computing,” kata Gloria.

Menurut Gloria Li, automasi di JD.com setidaknya punya dua peranan penting; membantu pengguna mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan mengefisienkan operasional bisnis.

Vice-President, International Communications, JD.com Gloria Li di Beijing, China (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

“Automasi juga berperan penting dalam perkembangan komunitas. Kami bisa memanfaatkan data dari sistem logistik, yang karena dikelola sendiri jadi lebih memungkinkan untuk melakukan optimalisasi data. Contohnya di daerah tertentu, apakah minat terhadap seri iPhone terbaru tinggi atau tidak? Kalau iya, artinya kami bisa memberikan pelayanan lebih, misalnya dengan mempercepat pengiriman jadi dalam hitungan menit,” katanya.

Automasi, utamanya di gudang JD.com menurut Gloria Li mampu meningkatkan efisiensi sampai sepuluh kali lipat dibanding saat serba-manual.

Meski demikian, penerapan automasi bukan berarti pengurangan tenaga kerja.

“Sebelumnya di gudang JD.com, orang harus mengambil semua barang dari titik A, lalu diproses secara manual di titik B, dan akhirnya dikirim ke konsumen di titik C. Dengan automasi, sumber daya yang ada cukup melakukan satu proses di titik A dan C saja,” katanya menjelaskan bahwa setiap pekerja diberi pelatihan untuk meningkatkan skill jadi setiap pekerja bisa meningkatkan kapasitas dirinya.

Gloria Li menambahkan; “Automasi justru bisa memberikan kenyamanan lebih pada para pekerja. Pada proses-proses berat seperti pengangkatan dan pemilahan, robot akan terasa sangat membantu.”

Robot menjalankan kantong belanja pesanan pembeli online di toko retail offline JD.com, 7Fresh (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

“Saat ini kami memiliki lebih dari 100.000 karyawan dan tetap melakukan perekrutan hingga 10.000 karyawan. Untuk bisa ‘lari’ lebih cepat, tidak akan cukup hanya dengan menambah jumlah karyawan saja.”

Gloria Li mengungkapkan Keuntungan lain penerapan automasi adalah dapat memberikan solusi pada industri yang lebih luas lagi.

“Saat kami sudah berhasil melakukan efisiensi di gudang, maka kita bisa menawarkan solusi kepada banyak pihak seperti brand partner, dan pelaku ritel offline. Kami juga bisa menawarkan solusi,” katanya.

Baca juga: Canggihnya X-Mart JD.com tanpa kasir di China

Baca juga: JD.com gunakan big data di supermarket pintar 7Fresh

Baca juga: Single Day, pesanan di JD.ID naik 845 persen

Oleh Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Apple luncurkan iPad Pro terbaru

Jakarta (ANTARA News) – Apple meluncurkan iPad Pro terbaru, bersamaan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac mini teranyar, dalam acara di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa (30/10) waktu setempat.

“iPad Pro terbaru ini tidak hanya mengubah cara pandang kita terhadap iPad, tetapi juga mengubah cara kita melihat komputer,” ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara yang disiarkan secara langsung di website Apple.

Hadir dalam dua tipe, iPad Pro tampil dengan ukuran 11 inci dan 12,9 inci dengan pembaruan pada desain dan hardware.

iPad Pro mengusung layar Liquid Retina, yang sebelumnya telah digunakan Apple pada iPhone XR.
 

CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan iPad Pro terbaru dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, New York, Selasa (30/10/2018). (apple.com)

Hadir dengan tampilan bezel-less tanpa home button, iPad Pro terbaru dilengkapi gesture intuitive, seperti split screen yang dapat membagi layar untuk menjalankan dua aplikasi yang berbeda.

iPad Pro terbaru juga didukung Apple Pencil, yang kali ini juga diperbarui. Apple Pencil kini merespons sentuhan — sentuh dua kali, dapat mengubah kuas menjadi penghapus.

Tidak hanya itu, Apple Pencil kini juga dapat menempel pada sisi iPad Pro, dan secara otomatis mengisi daya. Dengan demikian, Apple Pencil siap digunakan kapan pun.

FaceID kini juga hadir di iPad Pro terbaru, dan dapat bekerja saat digunakan baik dalam keadaan potret maupun lanskap. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuka kunci, log in ke aplikasi, hingga pembayaran online.
 

CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan iPad Pro terbaru dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, New York, Selasa (30/10/2018). (apple.com)

Dari segi dapur pacu, iPad Pro terbaru dipersenjatai chip terbaru Apple A12X Bionic yang dibuat dengan teknologi 7nm, yang diklaim chip paling kuat dan paling pintar dari Apple.

Chip ini memiliki Neural Engine dengan machine learning yang dapat mempelajari untuk mengelompokkan foto.

iPad Pro terbaru dibekali empat speaker audio, konektivitas Gigabit-class LTE, eSim technology dan bluetooth 5.0, dan baterai yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam, serta hadir dengan USB type-C.

Perangkat ini juga dilengkapi kamera belakang 12MP yang dapat digunakan untuk video 4K dan merasakan pengalaman Augmented Reality (AR), dan kamera depan 7MP untuk potrait selfies, Animoji dan Memoji.

Hadir dalam empat opsi memori yaitu 64GB, 256GB, 512GB dan 1TB, iPad Pro model 11 inci dibandrol dengan harga mulai dari 799 dolar AS (sekitar Rp11,5 juta), sementara iPad Pro model 12,9 inci ditawarkan dengan harga 999 dolar AS (sekitar Rp15,2 juta).

Kedua model iPad Pro terbaru tersebut dapat dipesan mulai hari ini, dan akan tersedia pada 7 November.

Baca juga: Apple umumkan Macbook Air terbaru

Baca juga: Apple Mac mini terbaru hadir lebih bertenaga

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Liputan6.com Kecam Namanya Dicatut Sebar Hoax Penghitungan Suara di Luar Negeri




Jakarta
Hoax pesan berantai atau broadcast yang berisi hasil pemungutan suara Pilpres 2019 di luar negeri beredar di media sosial. Media online Liputan6.com, yang namanya ikut dicatut dalam hoax tersebut, memberi penjelasan.

Liputan6.com menegaskan pihaknya tidak terkait dengan penyebaran hoax tersebut. Nama Liputan6.com dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam berita bohong itu.

“Nama media online Liputan6.com dicatut oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoax soal hasil penghitungan suara pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di luar negeri. Padahal, sebagaimana diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), penghitungan suara di luar negeri sama sekali belum dilakukan,” kata Wapimred Liputan6.com Irna Gustiawati dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2019).


Irma mengatakan pihaknya tidak pernah mempublikasikan berita soal hasil penghitungan suara di luar negeri. Link dan isi berita yang ditautkan dalam berita bohong soal penghitungan suara di luar negeri sama sekali tidak berkaitan.

Hoax itu diedarkan, dengan modus mengarang sendiri hasil penghitungan suara di sejumlah tempat pemungutan suara ( TPS), menyelipkan link Liputan6.com, lalu disebarkan ke khalayak ramai. Pembaca yang teliti tentu akan mengklik link Liputan6.com yang ditautkan itu, dan mendapati bahwa isi berita Liputan6.com itu sama sekali tidak menulis soal hasil penghitungan suara,” tuturnya.

“Sementara pembaca yang tidak mengklik link itu mungkin akan percaya bahwa penghitungan suara itu memang bersumber dari Liputan6.com,” imbuh Irma.

Irma menegaskan selama ini pihaknya selalu menjaga kepercayaan publik dan berkomitmen ikut serta melawan hoax. Liputan6.com pun mengecam pencatutan nama medianya untuk menyebarluaskan hoax.

Liputan6.com sebagai media yang selalu menjaga kepercayaan publik akan berkomitmen menulis berita sesuai fakta dan ikut serta melawan hoax yang makin marak. Hampir 19 tahun berdiri sebagai situs berita, Liputan6.com selalu menjaga kepercayaan publik dan berkomitmen serta ikut melawan hoax yang bisa mengganggu keadaban publik,” katanya.

KPU sendiri telah menepis pesan berantai atau broadcast yang berisi hasil pemungutan suara Pilpres 2019 di luar negeri. Ketua KPU Arief Budiman berharap polisi menangkap penyebar hoax tersebut tanpa perlu dilaporkan oleh KPU.

“Saya berharap, bisa nggak ya ini langsung ditindaklanjuti oleh polisi. Ini kan jelas, ya. Saya ingin katakan hasil sebagaimana beredar ada hasil pemilu di luar negeri itu tidak benar. Karena penghitungannya baru akan dimulai tanggal 17 (April). Berarti ini hoax,” kata Arief di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

(mae/dkp)




<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Cari Kerja? Ini caranya untuk update lowongan kerja terbaru

Jakarta, 28/12 (ANTARA News)  – Dahulu salah satu cara untuk menemukan lowongan kerja terbaru adalah melalui surat kabar dan melalui media cetak lainnya sebagai sarana untuk mencari pekerjaan.

Era informasi dan teknologi pun datang, kini kamu dapat memanfaatkan banyak platform untuk menemukan lowongan kerja terbaru.

Nah, bagi kamu yang belum menemukan atau sedang mencari lowongan kerja terbaru – ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk segera menemukan pekerjaan yang kamu minati. Psst, di jamin kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan di era informasi ini kalau kamu ikuti cara berikut:

Networking
Networking yang dimaksud bukan hanya soal relasi di dunia nyata saja, tapi relasi di dunia maya juga sama pentingnya. Dengan menggabungkan keduanya kamu akan mendapatkan kombinasi yang tepat untuk menemukan lowongan kerja terbaru.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam berjejaring dalam dunia nyata, seperti halnya:

Komunitas
Dengan menjadi bagian dalam suatu komunitas tertentu (terutama bidang yang kamu minati) kamu akan mendapatkan banyak informasi seputar lowongan kerja terbaru, tidak hanya itu, kamu juga pasti akan banyak mendapatkan saran dari teman-teman lainnya bahkan dari para profesional senior lainnya.

Relasi alumni
Bertemanlah dengan baik dengan alumni kampusmu dan jangan malu untuk bertanya seputar karir dan pekerjaan hingga industri yang kamu minati, mereka bisa menjadi salah satu sumber yang terpecaya lho! 

Talkshow dan seminar
Tidak hanya ilmu saja yang akan kamu dapatkan, dengan mengikuti sejumlah talkshow atau seminar kamu juga berkesempatan untuk bertanya dan membangun hubungan baik dengan para praktisi dalam industri yang kamu minati.

Sedangkan dalam dunia maya kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

Media sosial
Manfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mencari lowongan kerja terbaru yang banyak tersebar di berbagai platform media sosial. Kamu bisa menemukannya melalui LinkedIn, Facebook Page dan berbagai akun instagram. Pro tip: lakukan personal branding dalam media sosial agar para perekrut tertarik dengan profilmu.

Forum online
Dalam berbagai situs forum kamu dapat bertanya dan mencari tahu sendiri pekerjaan-pekerjaan yang kamu minati.

Job Boards dan Job Portal
Cara ini tentu akan dilakukan siapa pun yang tengah mencari lowongan kerja terbaru, atur waktumu untuk mencari lowongan yang kamu minati. Pro tip: jangan hanya melamar pada satu perusahaan saja. Oleh maka itu penting bagimu untuk menyisihkan waktu dan mencari sebanyak mungkin perusahaan dan lowongan yang sesuai dengan keinginan.

Job Fair
Beberapa job fair berfokus pada suatu industri tersendiri, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai minat.

Sekarang ini job fair tidak hanya dilaksanakan di kampus-kampus ternama mau pun di hall, berbagai coworking space di ibukota juga mulai mengadakan berbagai job fair, sudah cek di kotamu belum?

Situs Perusahaan
Nah ini wajib kamu lakukan kalau kamu sudah punya perusahaan impian dimana kamu bekerja nantinya, cari tahu apakah mereka sedang ada lowongan kerja terbaru yang baru saja mereka publikasikan. Jangan lupa lakukan riset pada aspek-aspek yang sesuai dengan posisimu di perusahaan tersebut. Yang terakhir, jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen ketika melamar pekerjaan.

Pastikan CV, Cover Letter dan portofoliomu sudah kamu persiapkan dengan baik. Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai minatmu. Salah satunya yang menarik adalah melalui #JobSearchisSelfLove.

Dengan mencari lowongan kerja dan melamar di sana, kamu berkesempatan untuk mendapat hiring bonus sebesar IDR 500.000. Wah sepertinya patut dicoba ya!.. ****

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Dari Dunia Acting, Mutia Ayu Menjajal Tantangan Baru di Dunia Tarik Suara Luncurkan Dada Atau Paha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Artis cantik pendatang baru Mutia Ayu, luncurkan single perdana berjudul “Dada Atau Paha” ciptaan Diantoine/Pradea dibawah lebel Music Yes, Senin (11/2/2019) berlangsung di Swiss BelHotel, Jakarta.

Sebetulnya Mutia Ayu, dara asal Sukabumi ini sudah sering main dilayar kaca dan banyak membintangi disejumlah judul di FTV.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Bintang di FTV “Hidup Borju Hasil Menipu” ini merasa belum puas dengan kariernya di dunia akting. Kini ia menjajal tantangan baru di dunia tarik suara. Untuk mengawali kariernya di bidang musik, Mutia Ayu luncurkan single perdana pop dangdut berjudul “Dada atau Paha”.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Puji syukur saya dikasih kelebihan yang luar biasa. Saya bisa nyanyi, akting, tari tradisional. Saya dulu juga atlet volli. Tapi enggak mau membatasi diri, saya ingin buktikan bahwa Mutia Ayu ini punya banyak bakat,” tuturnya ketika bertemu dengan beberapa awak media.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Dara kelahiran 4 April 1995 ini bercerita, single perdana ciptaan Anton itu dikemas cukup unik karena perpaduan antara pop dengan dangdut. Saat ini menurut Mutia nuansa musik itu jarang ditemui.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Ini saya banget, enggak terlalu dangdut, enggak terlalu pop. Jadi tengah-tengah. Saya juga suka banget dance, lagu ini enak banget buat dance,” jelas dara yang lagu Dada Atau Paha di Youtobe dah di dengar oleh 11.647 kali.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Setelah resmi peluncurn single “Dada Atau Paha”, dalam waktu dekat pemeran Guru BP dalam film “The Teacher” ini akan melakukan serangkaian promosi ke sejumlah kota dan menyambangi beberapa radio.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Dalam waktu dekat Mutia ke Sukabumi sama Cianjur. Setelah itu Bandung untuk promo di beberapa radio. Doain semoga lagu ini menjadi pembuka jalan Mutia di bidang musik,” pinta Mutia Ayu.

Penyanyi cantik Mutia Ayu.
Penyanyi cantik Mutia Ayu. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

JD.com wujudkan pengiriman barang ke pelanggan pakai drone

Beijing, China (ANTARA News) – Salah satu e-commerce terbesar di China, JD.com mewujudkan pengiriman barang ke pelanggan memakai drone.

Sejumlah drone berbagai ukuran dipamerkan di kantor pusat JD di Beijing, China. Drone-drone itu digunakan JD.com untuk memangkas waktu ke daerah-daerah terpencil di pelosok China di mana transportasi darat terlampau mahal atau lambat.

“Lebih dari 100 desa sudah dilayani oleh drone, dan kami yang pertama di China yang mengantar barang pesawanan pakai drone setiap harinya,” kata Vice-President, International Communications, JD.com Gloria Li di Beijing, China, Minggu.
 

Salah satu drone JD.com (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

Pilot program untuk pengiriman menggunakan drone, JD drone, dimulai JD.com pada 2016 dan berkembang hingga sekarang.

“Ini adalah cara yang efektif, aman, dan terpercaya untuk mengantar barang ke daerah terpencil di China yang saat ini kurang terlayani oleh industri e-commerce,” kata Gloria.

Drone akan bekerja mengirim barang dari stasiun pengiriman regional ke partner-partner JD.com di desa yang kemudian akan mendistribusikan pesanan ke konsumen.

 

Drone JD.com (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

“Ini sangat membantu kami memangkas waktu kirim dan biaya logistik secara signifikan,” kata Gloria.

Setidaknya ada tujuh jenis drone JD.com yang mampu terbang 30 sampai satu jam sekali charge dengan beban 5-30 kilo gram.

JD.com bukanlah satu-satunya yang memanfaatkan pesawat nirawak untuk mengirim barang, Amazon sudah melakukan hal serupa sebelumnya.

Baca juga: Anak bangsa ciptakan drone untuk angkut barang

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Klarifikasi Kemkominfo soal situs kpkonline.com

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengklarifikasi mengenai sebuah foto karangan bunga yang memberikan selamat atas peluncuran PKTV dan situs kpkonline.com yang beredar di media sosial belakangan ini.

“Sehubungan dengan beredarnya foto karangan bunga yang seolah-oleh dikirimkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika pada peluncuran PKTV KPKOnline.com, dengan ini kami tegaskan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak pernah mengirimkan karangan bunga tersebut,” ujar Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, Kemkominfo menegaskan sama sekali tidak pernah menyampaikan pernyataan apapun sebelumnya terkait peluncuran PKTV dan situs kpkonline.com tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah mengklarifikasi mengenai kabar bohong ini. KPK juga menegaskan tidak pernah sama sekali memberikan keterangan apapun terkait peresmian PKTV dan situs kpkonline.com.

“Beberapa waktu sebelumnya juga muncul tulisan di website kpk-online.com. Kembali ditegaskan Juru Bicara KPK tidak pernah diwawancarai oleh pihak-pihak yang mengaku pengelola website tersebut,” tulis pernyataan klarifikasi KPK melalui akun Twitter @KPK_RI, Sabtu.

KPK juga mengimbau kepada seluruh pejabat atau penyelenggara negara untuk segera melaporkan kepada KPK atau pihak kepolisian jika ada yang mengaku dari KPK, menyampaikan janji untuk mengurus perkara dengan meminta sejumlah imbalan, fasilitas, bahkan sejumlah uang. 

Sebelumnya dunia maya dihebohkan dengan kemunculan situs kpkonline.com. Meski menggunakan nama KPK, namun ternyata situs tersebut tidak ada kaitannya dengan instansi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Berdasarkan pantauan Antara, situs kpkonline.com sendiri sudah tidak dapat diakses.

Baca juga: Kemkominfo: Tak ada aduan kebocoran data pribadi Facebook

Baca juga: Kemkominfo gelar lomba foto “Asian Games Photo Contest 2018”

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK – Uskup TNI/Polri, Mgr. I. Suharyo mengajak seluruh anggota TNI-Polri untuk mengawali menyanyikan lagu puji-pujian tanah air termasuk lagu kebangsaan agar tumbuh semangat patriotisme dan cinta tanah air. Pujian dan pujaan kepada tanah air tercinta Indonesia itu dinilai sebagai langkah yang tepat untuk menghilangkan sekat-sekat yang ada dalam masyarakat serta mengikis budaya SARA.

Hal ini perlu dilakukan mengingat karakteristik yang menonjol dari bangsa Indonesia terletak pada kemajemukan masyarakatnya. Karakteristik itu selain sebagai keistimewaan juga sekaligus sebagai ancaman jika tidak diperlihara semangat satu bangsa.

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air.
Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Demikian ditegaskan Mgr Suharyo dihadapan para peserta “Misa Kudus Oleh Uskup TNI/Polri – Tatap Muka Dalam Kunjungan Pastoral Uskup TNI/Polri Dengan Umat Katolik Se-Garnizun Pontianak”, Rabu (18/7/2018).

Dalam penjelasannya, Mgr. Suharyo mengingatkan, untuk menjaga, mengelola dan merawat keutuhan nilai dari kemajemukan itu tidaklah semudah mengucapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Konflik dan pertikaian tidak sekali muncul untuk menguji kualitas persatuan dalam kemajemukan yang selama ini dipeluk erat sebagai identitas bangsa. Situasi kamtibmas sampai saat ini harus diakui selalu menjadi topik hangat untuk diperbincangkan. Di tengah situasi negara yang kurang kondusif saat ini, Indonesia membutuhkan lembaga keamanan yang bertujuan untuk menjaga bangsa ini dari rongrongan musuh yang memecah belah persatuan bangsa.

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air.
Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Pilar utama dalam menjaga keamanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah TNI dan POLRI. Solidaritas dan sinergisitas antara TNI-POLRI dalam upaya merawat keharmonisan adalah inti kekuatan negara yang berdaulat. Dengan demikian hubungan erat antara TNI dan Polri merupakan garda terdepan serta kekuatan yang akan mampu menata dan sekaligus menjaga peradaban antara hubungan masyarakat dengan negaranya. Oleh karena itu, TNI/Polri perlu dibekali dan dibina kehidupan kerohaniannya,” ujar Mgr Suharyo.

Mgr. Suharyo, yang juga Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) ini, mengingatkan kembali gagasan dan permintaan Menhan RI pada waktu itu, Sri Sultan HB IX pada 3 November 1949 agar dibentuk staf yang khusus menangani kebutuhan rohani bagi tentara dan polisi. Dengan berpedoman pada Dekrit Tahta Suci, kemudian dibentuklah Keuskupan TNI/POLRI-Ordinariat Militer Indonesia atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) pada 25 Desember 1949 dengan mengangkat Mgr. Albertus Soegijapranata SJ sebagai Vicarius Castrensis (Uskup Militer) pertama Indonesia. Soegijapranata kemudian digantikan, Justinus Kardinal Darmojuwono Pr dan Julius Kardinal Darmaatmadja SJ.

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air.
Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Dijelaskan lebih lanjut, pada 1946 Mgr Soegijapranata menulis surat kepada Paus, agar Vatikan mengakui kemerdekaan Indonesia dan kemudian pada 1947, Vatikan mengakui kemerdekaan Indonesia. Ini merupakan tanda bahwa sejak awal Gereja Katolik Indonesia sangat konsern terhadap kemerdekaan Indonesia. Hal ini merupakan warisan yang tidak bisa dipungkiri dalam sejarah dan umat Katolik harus menjadi penjaga NKRI.

“Oleh karena itu, saya menitipkan rosario merah putih ini, ketika berdoa Rosario hendaknya juga mendoakan negara kita tercinta Indonesia dan menyerahkannya kepada Maria, Bunda Segala Suku. Kita dipilih untuk melayani bangsa dan gereja dalam pengabdian terbaik yang dilandasi iman Katolik dan dasar Negara Pancasila serta demi keutuhan dan kedaulatan NKRI yang majemuk, plural dan multikultural ini,” ujar Mgr Suharyo, yang juga Uskup Agung Keuskupan Agung (KAJ), Jakarta ini.

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air.
Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Sementara Uksup Agung Keuskupan Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus Pr, menyatakan bahwa dirinya sangat berharap bahwa dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, TNI/Polri harus mengingat sumpahnya, sumpah setia kepada bangsa dan NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, dirinya sangat berbahagia dengan kunjungan pastoral Mgr. Suharyo sebagai Uskup TNI/Polri. Dan, dirinya sepakat bahwa harus ada hubungan yang erat dalam bentuk sinergi antara TNI dan Polri dalam melaksanakan mengawal serta menjaga NKRI yang majemuk ini.

Terkait dengan keuskupan militer, pastor Bantuan Militer dan Polisi (PASBANMILPOL) Keuskupan TNI/Polri (Ordinariat Militer Indonesia/OCI) Rofinus Ronny Neto Wuli mengurai lebih lanjut, pedoman Keuskupan TNI/POLRI-Ordinariat Militer Indonesia (OCI) dikukuhkan lagi dalam Konstitusi Apostolik Spirituali Militum Curae oleh Paus Johanes Paulus II pada 21 April 1986. Ordinariat Militer memiliki tugas menjalankan karya pastoral spiritual bagi umat Katolik yang berada dalam lingkungan Militer dan Kepolisian.

Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air.
Mgr Suharyo Ajak TNI/POLRI Awali Menyanyikan Lagu Pujian Tanah Air. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Selain itu, kunjungan pastoral Mgr. Suharyo dengan umat Katolik se-Garnizun Pontianak ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2018. Tatap muka juga dilaksanakan dan dihadiri oleh pimpinan TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri setempat.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Minahasa Untuk Indonesia, Konser Sebelum ke Belanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tepuk tangan lebih dari 400 penonton membahana di Perfilman Gedung Usmar Ismail saat kelompok budaya dari Manado, Sulut, Musica Sacra mengakhiri pertunjukan dengan melantunkan lagu “Opo Wana Natas” (Doa Kepada Tuhan), Sabtu (23/02/2019). Pertunjukan berupa tarian dan musik kolintang ini merupakan “gladi resik” sebelum berangkat ke Belanda pada Maret 2019. Menurut rencana, rombongan Musica Sacra akan berangkat sebanyak 23 orang dan akan tampil di beberapa kota Belanda termasuk Tilburg.

Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda.
Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Konser yang bertajuk “Minahasa Untuk Indonesia” itu diselenggarakan Musica Sacra dan Masyarakat Kawanua Katolik (KawKat). Prehalatan budaya ini dibuka dengan menampilkan Tarian Tetengkoren dan kemudian dilanjutkan dengan Ritual Pembersihan MARESI U LESAR dan Tarian KAWASARAN serta dilanjutkan dengan doa dan gerak dalam lagu Mengalei IYAYOMOMA yang menampilkan kolaborasi kolintang, musik Bambu dan Tari Jajar. Tidak lupa dalam pertunjukan awal ditampilkan juga Tarian MAENGKET, MA’ KAMBERU sebagai ungkapan syukur atas berkat karena panen melimpah.

Puja puji kepada Tanah Minahasa ditampilkan melalui gerak dan lagu OH MINAHASA, MARS MINAHASA, SAWAHU U NA’E WAHU U KERO’AN, BAKA-BAKA SAMBUNYI dan DUNG NENE DUNG TETE. Namun Minahasa bukanlah budaya yang berdiri sendiri dan ini dinyatakan dengan lantunan suara kulintang untuk lagu-lagu dari daratan Sulawesi OH KARIMAE, BINTE BILAHUTA, MONTOLUTUSAN dan ANGING MAMIRI.

Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda.
Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Sebagai bagian dari nusantara yang bernama Indonesia, Musica Sacra kemudian memilih 3 (tiga) lagu
YAMKO RAMBE (Papua), JALI JALI (Jakarta) dan TARDIGADINGDANG (Batak) untuk menegaskan ikatan yang tidak dapat dipisahkan sebagai suatu bangsa.

Lembaga Musica Sacra ini dipimpin Pastor Harry Singkoh MSC, yakni murid Prof. Dr. Gerrit Janssen MSC, ahli musik dan sekaligus pendiri ‘Musica Sacra’ di Keuskupan Manado. kegiatan ini untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan khazanah budaya Minahasa kepada masyarakat umum di tingkat nasional bahkan sampai ke mancanegara, sebagai implementasi aksi mendukung program Pemerintah RI di bidang pariwisata, agar makin banyak turis tertarik mengunjungi tanah Minahasa di Sulawesi Utara.

Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda.
Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Direktur Musica Sacra Keuskupan Manado, Harry Singgoh menjelaskan, selain memiliki nilai kreativitas yang tinggi, dia berharap bahwa budaya Minahasa yang ditampilkan ini dapat menjadi salah satu event yang diagendakan sebagai kalender kegiatan tetap Kementerian Pariwisata.

Dalam acara ini, tuan rumah OMK Kawanua Katolik ikut mengisi acara Konser dengan Tarian Katrili, sebuah tarian yang sangat populer di Minahasa. Tarian ini dipentaskan oleh muda-mudi ini merupakan tarian hasil persinggungan budaya Minahasa dengan budaya Eropa, yakni Portugis-Spanyol. Secara etimologi, tarian Katrili berasal dari bahasa Eropa, yaitu Quadrille. Tarian ini mempunyai dua jenis langkah, yaitu Waltz irama 3/4 dan Gallop langkah 2/4, dengan aba-aba komando dilakukan oleh pemimpin tari dalam bahasa Perancis.

Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda.
Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Merunut pada sejarah terbentuknya tarian, tari Katrili berasal dari tarian Lalaya’an ne Kawasaran, yaitu tarian yang penarinya membentuk dua baris dan saling berhadapan untuk membentuk formasi dan bertukar tempat. Pada masa pendudukan Spanyol di Minahasa, tarian adat ini berubah menjadi tarian pergaulan yang disebut dengan Lansee, dimana pasangan penari pria dan wanita saling berputar dan bertukar posisi.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan dari Ketua Umum Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia, Penny Iriana Marsetio kepada Kelompok Musica Sacra. Penny Iriana Marsetio hadir bersama suaminya, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M., mantan KASAL.

Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda.
Musica Sacra Akan Konser Budaya ke Belanda. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More

Canggihnya X-Mart JD.com tanpa kasir di China

Beijing, China (ANTARA News) – JD.com tak hanya fokus pada model bisnis online tapi juga berinovasi di ranah offline, salah satunya adalah pengoperasian toko ritel berteknologi canggih tanpa kasir (unmanned) dengan metode pembayaran nontunai (cashless).

Toko tersebut adalah X-Mart, salah satunya ada di kantor pusat JD.com di Beijing, China.

Untuk bisa berbelanja di X-Mart, pembeli harus punya aplikasi khusus yang dibuat oleh JD.com dan WeChat, alat itu nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran yang dipotong otomatis dari akun tabungan si pembeli. Jadi selain punya aplikasi tersebut, pembeli wajib punya nomor rekening bank China.

Pembeli harus menempelkan QR-code di mesin pembaca di pintu otomatis (e-gate) untuk bisa masuk ke dalam toko X-Mart.

Salah seorang pembeli menggunakan ponselnya untuk menempelkan QR code di pintu masuk otomatis X-Mart. (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

Di dalam, pembeli bisa mengambil barang yang diinginkan lalu keluar dari pintu otomatis tadi tanpa perlu repot memindai barang yang dibeli, apalagi harus lama antre di kasir.

Begitu keluar e-gate, saldo tabungan si pembeli otomatis berkurang. Sistem kamera dan sensor di dalam toko bisa membaca barang-barang yang diambil pembeli.

“Sistem dapat membaca dengan sangat akurat. Tapi kalau tak jadi beli, misalnya barang kembali ditaruh maka  saldo tidak akan terpotong,” kata Director of International Media JD.com Vic Gu, Beijing, Senin (11/11).

X-Mart sudah ada sebanyak 20 unit di China, sebagian besar ada di Beijing.

toko berbasis AI di Indonesia

Konsep toko cerdas berbasis  Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) seperti X-Mart juga diboyong JD.com di Jakarta, Indonesia; JD.ID X-Mart di PIK Avenue Shopping mall.

JD.ID X-Mart ibuka Agustus 2018. Alih-alih memakai sensor kamera, JD.ID X-Mart menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) untuk mengidentifikasi barang yang diambil pembeli.

Sama seperti di Beijing, JD.ID X-Mart mewajibkan pembeli menunjukkan QR code yang ada di aplikasi mobile JD di smartphone pada e-gate untuk bisa masuk toko.

“Saat ini pembayarannya baru bisa pakai kartu kredit,” kata Teddy Arifianto, Kepala Corporate Communications dan PR JD.id.

JD.id X-Mart adalah toko tanpa kasir pertama yang dibangun JD di luar China. Produk yang dijual di antaranya adalah pakaian, makanan, dan kosmetik.

“Biasanya harganya lebih murah dari pada yang dijual online di aplikasi karena ada promo-promo di hari tertentu,” kata Teddy.

Corporate Vice President International Communication JD.com Gloria Li mengklaim pemanfaatan Artificial Intelligence sama sekali tak membuat perusahaan mengurangi jumlah pekerja manusianya. Sebaliknya, dengan penerapan Artificial Intelligence maka pekerja manusia lebih banyak lagi dibutuhkan karena bisnis mereka semakin berkembang.

“Lapangan pekerjaan justru bertambah berkat Artificial Intelligence karena kebutuhan di pasar makin tinggi juga, kami justru terus memperkerjakan orang baru karena kalau tidak pakai teknologi automasi, kita tak sanggup mengejar kebutuhan pasar,” kata Gloria.

 

Oleh Ida Nurcahyani
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/769405/tren-automasi-artificial-intelligence-big-data-dan-pemanfaatannya-di-jdcom

Read More