Benarkah Pakai Masker Bisa Mencegah Penularan Flu?

In kesehatan

Jakarta – Masker penutup wajah banyak digunakan orang-orang di tempat umum atau kendaraan umum. Alasan menggunakan masker wajah biasanya adalah menghindari debu, bakteri dan virus yang mengintai. Selain itu memakai masker juga mencegah tertular penyakit seperti flu dan batuk di tempat umum.

Namun benarkah menggunakan masker benar-benar membantu mencegah itu semua? Dikutip dari Health Line, seseorang yang sedang flu dan batuk dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun serta berdiam diri sementara di rumah. Alasannya, agar virusnya tidak menyebar.

Namun jika harus bepergian, menggunakan masker bisa membantu untuk mencegah tertular dari virus batuk dan flu. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Infectious Diseases pada tahun 2008 ini menyimpulkan bahwa masker jika digunakan dengan benar akan sangat efektif mencegah penyebaran virus.

Studi lain yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine meneliti 400 orang yang terkena flu, dan menemukan penurunan risiko sampai 70 persen pada keluarganya tertular virusnya ketika rajin mencuci tangan dengan air hangat dan sabun serta menggunakan masker.

Namun penelitian ini tidak menegaskan hanya menggunakan masker saja. Harus juga diikuti dengan rajin dalam mencuci tangan.

Tonton juga ‘Ramuan Bawang Merah Atasi Demam dan Flu pada Anak’:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

Related Search

Tags: #detik #health #kesehatan #sexual

Anda sedang membaca artikel tentang Benarkah Pakai Masker Bisa Mencegah Penularan Flu?. Silahkan baca artikel Berita Grezz Terbaru tentang kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat ...

Viral Anggur Berformalin Dijual di Pinggir Jalan, BPOM Pastikan Aman
Jakarta – Akhir-akhir ini masyarakat kembali dihebohkan
Hati-hati dalam Memilih Obat Pereda Mag
Jakarta – Mag menjadi salah satu penyakit

Top