Luhut: Ma’ruf Amin Jadi Nuansa Baru untuk Jokowi

In nasional





Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya pada Pilpres 2019.Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai Ma’ruf Amin memberi nuansa baru bagi Jokowi.

“Ada benernya, masalah bahwa kita yang paling pokok ini sejak kita pengalaman pemilihan gubernur DKI adalah masalah isu-isu yang dibenturkan antara umat beragama, atau agama itu sendiri. Nah kalau dengan masuknya Pak Ma’ruf Amin menurut hemat saya, itu akan memberikan satu nuansa baru,” ujar Luhut, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Hal itu disampaikan Luhut saat memberikan sambutan dalam deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin oleh puluhan purnawirawan TNI yang tergabung dalam Tim #CAKRA19. Sejumlah purnawirawan tersebut di antaranya Mantan Menseskab Andi Widjajanto, mantan Sesmenko Polhukam Eko Wiratmoko, Mantan Danjen Kopassus sekaligus Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, dan masih banyak lagi.


Luhut juga yakin, Ma’ruf akan dapat menambah suara untuk Jokowi nantinya, khususnya di wilayah Banten. Ma’ruf juga akan dapat menepis isu-isu agama yang selama ini digaungkan untuk melawan Jokowi.

“Kalau Pak Ma’ruf Amin kan sudah dalam puncak lah agamanya. Saya baru dari Banten kemarin, euforia di Banten luar biasa sekarang dengan Pak Ma’ruf Amin dipilih jadi cawapres Pak Jokowi. Karena beliau salah satu dari cucu dari Syeh Nawawi. Jadi beliau betul-betul sangat dihormati,” kata Luhut.

“Sampai kemarin jawaranya kumpul, pesantren-pesantrennya kumpul, semua memberikan deklarasi. Mereka bilang ada 80 persen di sini. Saya dengarnya ngeri juga. Padahal tahun 2014 kan Pak Jokowi dan Pak JK kalah di Banten. Ini saya pikir akan ada perubahan-perubahan,” lanjutnya.

Luhut juga meminta anak-anak muda untuk tak ragu memilih Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf. Meskipun sudah tua, Ma’ruf, kata Luhut, juga dapat berperan penting.

“Anak-anak muda juga khususnya jangan lihat Pak Ma’ruf Amin ini sudah tua lantas tidak bisa berperan. Pak Ma’ruf ini sangat berperan sehingga presiden Jokowi bisa fokus pada masalah-masalah ekonomi, masalah pembangunan manusia, dan masalah kemiskinan, dan lain sebagainya,” kata Luhut.

Meski Ma’ruf Amin sosok yang lekat dengan agama, Luhut meminta #CAKRA19 tak membawa -bawa isu agama saat kampanye. Luhut meminta agar para purnawirawan tersebut untuk beradu program.

“Nggak perlu menjelek-jelekkan orang. Kita bicara program saja. ‘Kamu kan baru akan, kita sudah, sedang dan akan’. Jadi tiga. Beda itu. Jadi itu yang ditonjolkan. Jadi kita bukan bicara akan, karena kalau akan itu siapapun konsepnya, tapi kalau sudah sedang dan akan dilakukan itu sudah kelihatan konsep itu bener nggak, mengarah pada rakyat miskin nggak, memberikan pemerataan nggak, itu jadi penting, kita punya tolak ukur dari itu sama,” tutur Luhut.

Luhut juga meminta agar #CAKRA19 berkampanye dengan positif. Jika nantinya Jokowi diserang dengan isu yang tak benar, seperti isu komunis, ia meminta untuk bertahan dengan argumentasi-argumentasi yang jelas.

“Jadi saya pikir dengan masuknya Pak Ma’ruf Amin menjadi cawapres Pak Jokowi itu bagus buat kita semua, warna Indonesia, sehingga rakyat Indonesia menjadi lebih tenang dan baik,” pungkasnya.

(mae/nvl)



<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Related Search

Tags: #berita #detik #gress #hukum #nasional #politik

Anda sedang membaca artikel tentang Luhut: Ma’ruf Amin Jadi Nuansa Baru untuk Jokowi. Silahkan baca artikel Berita Grezz Terbaru tentang nasional lainnya. Semoga bermanfaat ...

Kemkes: Perempuan pekerja perlu dukungan susui anak
Jakarta, (ANTARA News) – Direktur Jenderal Kesehatan
Indeks Demokrasi meningkat namun kebebasan berpendapat menurun
Jakarta (ANTARA News) – Indeks Demokrasi Indonesia
Kapolda Sumsel ajak pemred ciptakan citra positif
Palembang (ANTARA News) – Kapolda Sumatera Selatan
Prabowo-Sandi datangi rumah dinas JK
Jakarta (ANTARA News) – Bakal Calon Presiden

Top